PanduanFAQTentang KamiBLOG
BLOG > Etika Penagihan Pinjaman Online

Etika Penagihan Pinjaman Online

Apakah kamu saat ini sedang memiliki tunggakan pinjaman online? Pasti sudah tidak asing jika mendengar panggilan telepon atau chat dari sms.
Ssstt, jawab saja jangan takut…

Banyak orang masih merasa takut akan hal tersebut, mungkin karena melihat berita-berita yang sudah tayang saat itu. Namun sebenarnya jika kamu memiliki tunggakan utang di pinjaman online yang sudah legal terdaftar dan di awasi oleh OJK. Hal-hal yang pernah kamu lihat di media berita tidak akan pernah kamu alami lho…

 

Karena setiap pinjaman online yang sudah terdaftar dan di awasi OJK, akan sepenuhnya taat dan mengikuti peraturan kebijakan yang di berikan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Salah satu nya adalah aturan tata cara penagihan yang sudah di tentukan berdasarkan pasal hukum yang berlaku saat ini.
Jika melanggar sanksi tegas pun akan di berikan kepada penyelenggara bahkan tidak segan-segan untuk menutup kegiatan penyelenggara pinjaman online yang menyalahi aturan yang sudah di berikan.

 

Lalu, seperti apa etika dan cara penagihan yang baik dan benar? Yuk simak selengkapnya.

1. Dilarang Menggunakan Ancaman/Kekerasan/Mempermalukan
Setiap penagihan yang dilakukan sangat dilarang keras untuk menggunakan ancaman atau tindakan mempermalukan nasabah/customer.
Jika kamu menemukan hal-hal tersebut pada saat penagihan, kamu bisa mengingatkan kalau hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang ada saat ini. Selain itu kamu juga bisa melaporkan hal tersebut apabila oknum tersebut sudah meyalahi aturan di situs resmi Lapor.go.id

 

2. Dilarang Menggunakan Kekerasan Fisik/Verbal
Menggunakan kekerasan fisik atau verbal sudah sangat menyalahi aturan yang berlaku, untuk itu kamu bisa langsung laporkan hal tersebut.

 

3. Dilarang Untuk Menyebarkan Data
Menyebarkan data pribadi dilarang dengan sangat keras pada saat proses penagihan. Karena hal tersebut berkaitan dengan keamanan diri kamu juga di khawatirkan data kamu di salah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Hal tersebut tidak akan pernah kamu alami, apabila kamu pinjaman di pinjaman online yang sudah terdaftar dan di awasi oleh OJK. Untuk itu sangat di sarankan lakukan pengajuan pinjaman kamu di fintech legal, dan jangan pernah pinjam di fintech ilegal yang akan menyalahgunakan data pribadi kamu.

 

good

Butuh dana dengan cepat, aman, dan nyaman? Cairin solusi nya, pinjaman online legal terdaftar dan di awasi oleh OJK.

Proses pengajuan pinjaman cepat dan mudah, cukup download aplikasi Cairin di Google Playstore. Lalu isi formulir lengkap, pilih nominal pinjaman kamu mulai dari 600 ribu - 3,6 Juta Rupiah. Selain itu kamu dapat menentukan tenor pinjaman dengan cicilan sampai 3 bulan. Jika sudah sesuai dengan kebutuhan kamu, klik ajukan pinjaman, tunggu hasil verifikasi dana akan di cairkan dalam 5 menit.
Selain itu kamu juga akan merasakan proses penagihan yang nyaman.


Tags:CairinEdukasiFintechOJKPinjaman Online

Baca Juga: