Cairin

TKB0: TKB30: TKB60: TKB90:
Diperbarui pada : 2021/7/16
BLOG > Bisnis Anak Muda Tidak Menyenangkan? Siapa Bilang! Nih ada 5 Rekomendasi Bisnis
visitor badge

Bisnis Anak Muda Tidak Menyenangkan? Siapa Bilang! Nih ada 5 Rekomendasi Bisnis

good

Tidak terasa ya sobat Cairinsudah 2 tahun lamanya kita hidup berdampingan bersama dengan bayang-bayang virus corona atau covid-19, tidak sedikit dari kitayang mendapatkan imbasnya,kehilangan pekerjaan atau dirumahkan dengan kejadian ini.Bahkan ada juga loh yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan tetap. Sedangkan hidup harus terus berjalan untuk terus memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Saat ini, banyak anak muda yang takut untuk memulai bisnis. Memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan, bener gak sih sobat?. Ide bisnisanak muda pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang di inginkan.

Jangan terlalu takut untuk gagal sobat, mulai aja dulu!, tapi sebelum sobat memulai suatu bisnis, lakukan riset bisnisterlebih dahulu ya. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, cara menjalankan bisnistersebut, perkiran modal dan masih banyak lagi. Nah, berikut ada 5 rekomendasi bisnis yang cocok banget buat anak muda, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Yuk, kita simak bersama-sama.

1. Jasa Dropship Barang

Dropship merupakan salah satu ide bisnis anak muda yang bisa dibilang dengan modal kecil.Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis tanpa modal. Dengan menjalani bisnis ini, sobat Cairinhanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Sebagai salah satu contohnya nih sobat****Cairin. Dropshippermemungkinkan penggunaShopeeuntuk membeli produk diShopeedan menjual kembali atas nama penjual yang menggunakan fiturDropshipper. Produk yang dibeli dariShopeeakan dikirim langsung ke pembeli.

Nah untuk m****odal utama dalam bisnis ini yaknikemampuan Sobat Cairindalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan.Untukmenjadi dropshipper yang baik, sobat Cairinharus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih supplier yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, sobat Cairinbisa terus meningkatkan reputasi sobat Cairinsebagai dropshipper.

2. Jasa Freelancer Copy Writer

Punya hobi menulis namunsobat Cairintidak punya waktu untuk aktif posting artikel blog? Sobat Cairinbisa memanfaatkankemampuan menulis dengan menjadi penulis lepas atau freelance copy writer, nggak nyangka kan bisa jadi bisnis yang menyenangkan.Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikanloh sobat.

Untuk memulai usaha ini, jika sobat Cairinsudah memiliki gadget(smathphone, laptop atau PC)dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun.

Namun, sobat Cairinperlu memiliki keahliandan kreatifitas menulis dan memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan sobat Cairinhasilkan juga cukup menjanjikanloh. Untuk pembuatan artikel web, menurut www.institutpenulis.id, sobat Cairinbisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata.

Cocok banget nih buat sobat Cairinyang puitis atau gemar menulis kisah sehari-hari di dairy kalian, tertarik untuk mencobanya sobat?

3. Preloved barang-Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Punya barang dan pakaian yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya sobat Cairinmanfaatkan kelebihan barang-barang tersebut.Dari pada hanya tersimpan dan hanya menghiasi digudang atau rak baju dan lemari saja kan? Alternatif bisnisyang tidak kalah menyenangkan yah sobat Cairin.

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, sobat Cairindapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone loh, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang sobat Cairinke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak sobat Cairingunakan. Manfaatkan handphone atau smartphone sobat Cairinuntuk memotret dan menuliskan detail spesifikasi produksobat Cairindengan baikya. Sobat cairinbisa membuat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell dan sebagainya.Bagaimana sobat Cairin Tertarik memulai bisnisini?

4. Jualan Makanan Dari Rumah

Hayo, siapa yang suka bergelut didapur nih sobat Cairin? B****isnis ini bakalan cocok banget buat sobat Cairin yang suka masak loh. Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makanan. Terlebih seperti saat ini orang-orang sudah mulai melakukan aktifitas pekerjaan dikantor seperti biasanya.Banyak loh orang yang membutuhkan asupanmakanan. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan sendiri makanan tersebut.

Kesempatan ini bisa sobat Cairinmanfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur atau bisa kamu sediakan cemilan siap saji yang bisa kamu siapkan setiap harinya dirumah. Untuk stempat jual beli, sobat Cairincukup menata meja dan makanan di halaman rumah atau melaluisosial media online sobatCairin.

Nah untuk m****odal memulai bisnisini, bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur sobat Cairinsudah lengkapya.Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baikya sobat.

Bagaimana sobat, tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?

5. Budidaya Bibit Tanam

Menjual tanaman merupakan ide bisnis anak muda yang menjanjikanloh sobat Cairin. Jika bisnis di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, tentu denganbudidaya tanaman bibit.Bisnisbudidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankansobat Cairin. Bibit yang bisa sobat Cairintanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modalbisnisyang sobat cairinbutuhkan untuk memulai****bisnisini berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal sobat cairindengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitasya.

Jangan lupa lakukan riset untukmemulai bisnis ini ya, agar hasil yang didapatkan sobat Cairin bisa maksimal. Selamat mencoba sobat Cairin.

Nah, itulah 5 ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal****bisnis minimyang bisa sobat cairincoba! Selainide bisnis kreatifdan memanfaatkan peluang dengan baik, pengetahuan dalam menyusun strategi dengan ikut serta komunitas bisnis anak muda yang menjanjikan dan ikut serta setiap webinar maupun pelatihan bisnisyang diadakan, serta keuangan bisnis juga tidak kalah penting sobat Cairin.

Mau mulai salah satu bisnis diatas tadi tapi modal sobat cairin masih kurang? Jangan khawatir sobat, selama pandemi ini,Cairinterus melakukan inovasi baru, dengan membuat produkpinjaman usahaatau pinjaman produktif. Inovasi tersebut dibuat agar para pelaku UMKM yang terdampak pandemi saat ini dapat terbantu dengan adanyapinjaman usaha, mereka dapat mendapatkanpinjaman danauntuk menambah modal bisnisnya atau membuka bisnis baru.

Selain itu, Cairinhadir memberikan solusi yang tepat untuk memenuhi segala kebutuhan finansial masyarakat. Pinjaman Dana Cepat dan Mudah, tentunya dengan bunga yang bersahabat. Proses pengajuan pinjaman****dananya juga mudah, sobat hanya perluunduh aplikasi Cairin dari Google Playstore di smartphone sobat, isi data lengkap, ajukan pinjaman dana yang sobat butuhkan, limit sampai dengan 3,6 Juta Rupiah dan sobat cukup menunggu proses verifikasi,lalu pencairan pinjaman dana akan dilakukanke nomer rekening sobat Cairindeh.

Semudah itu caranya untuk bisa mendapatkan Pinjaman Dana Cepat diCairin?Tunggu apa lagi ajukan pinjaman dana untuk modal bisnis kalian sekarang diCairin, karenaCairinmenjamin keamanan dan kerahasiaan data para peminjamnya dan yang paling terpenting adalah pastinya sudah berizindan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Writter Agung Maulana








Baca Juga:






Pemberitahuan

  • 1. Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Dana dengan Penerima Dana, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.
  • 2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Dana. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.
  • 3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna (‘Pemanfaatan Data’) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.
  • 4. Pemberi Dana yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.
  • 5. Penerima Dana harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.
  • 6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.
  • 7. Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Dana atau Penerima Dana.
  • 8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan, tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna, baik Pemberi Dana maupun Penerima Dana (baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana.
  • 9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara, Pemberi Dana dan/atau Penerima Dana wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagaimana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan 10/POJK.05/2022 tentang Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI) dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
  • 10. Data pengguna/peminjam yang diajukan melalui aplikasi Cairin juga akan dilaporkan ke Fintech Data Center (FDC) atau Pusdafil.
  • 11. Bahwa Pemberi Dana sudah mengetahui dan menanggung sepenuhnya risiko atas pemberian pinjaman;
  • 12. Bahwa Penerima Dana sudah mengetahui risiko kehilangan aset ataupun harta kekayaaan akibat gagal bayar;
  • 13. Bahwa Penerima Dana sudah mengetahui, mempertimbangkan dan menyetujui segala tingkat bunga dan biaya yang berlaku sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman;
  • 14. Bahwa Pemberi Dana diwajibkan untuk mempelajari pengetahuan dasar mengenai (LPBBTI) sebelum memberikan pinjaman;
  • 15. Bahwa setiap kecurangan dan tindakan ilegal dilaporkan sepenuhnya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan masyarakat luas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • 16. Bahwa catatan kredit Penerima Dana akan dilaporkan secara berkala kepada Otoritas Jasa Keuangan untuk kepentingan Pusat Data Fintech Lending yang akan dimanfaatkan bersama dengan para pelaku industri perbankan nasional dan industri keuangan lainnya;
  • 17. Bahwa Penerima Dana sudah membaca dan mempelajari setiap syarat dan ketentuan.