BLOG > Bisnis Anak Muda Tidak Menyenangkan? Siapa Bilang! Nih ada 5 Rekomendasi Bisnis

Bisnis Anak Muda Tidak Menyenangkan? Siapa Bilang! Nih ada 5 Rekomendasi Bisnis

good


Tidak terasa ya sobat Cairin sudah 2 tahun lamanya kita hidup berdampingan bersama dengan bayang-bayang virus corona atau covid-19, tidak sedikit dari kita yang mendapatkan imbasnya, kehilangan pekerjaan atau dirumahkan dengan kejadian ini. Bahkan ada juga loh yang sampai saat ini belum mendapatkan pekerjaan tetap. Sedangkan hidup harus terus berjalan untuk terus memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Saat ini, banyak anak muda yang takut untuk memulai bisnis. Memulai bisnis merupakan satu tantangan berat dan terdengar menakutkan, bener gak sih sobat?. Ide bisnis anak muda pun tidak datang dengan mudah dan kadang belum sesuai dengan keadaan maupun modal yang di inginkan. 


Jangan terlalu takut untuk gagal sobat, mulai aja dulu!, tapi sebelum sobat memulai suatu bisnis, lakukan riset bisnis terlebih dahulu ya. Mulai dari apa saja yang dibutuhkan, cara menjalankan bisnis tersebut, perkiran modal dan masih banyak lagi. Nah, berikut ada 5 rekomendasi bisnis yang cocok banget buat anak muda, apalagi di era digital seperti sekarang ini. Yuk, kita simak bersama-sama.

 

1. Jasa Dropship Barang

Dropship merupakan salah satu ide bisnis anak muda yang bisa dibilang dengan modal kecil. Bisnis dropship bisa dibilang juga bisnis tanpa modal. Dengan menjalani bisnis ini, sobat Cairin hanya perlu mengeluarkan uang dalam jumlah kecil bahkan bisa tidak mengeluarkan uang sepeserpun.

Sebagai salah satu contohnya nih sobat Cairin. Dropshipper memungkinkan pengguna Shopee untuk membeli produk di Shopee dan menjual kembali atas nama penjual yang menggunakan fitur Dropshipper. Produk yang dibeli dari Shopee akan dikirim langsung ke pembeli.

Nah untuk modal utama dalam bisnis ini yakni kemampuan Sobat Cairin dalam memasarkan suatu produk. Namun, jenis usaha ini juga tidak boleh disepelekan. Untuk menjadi dropshipper yang baik, sobat Cairin harus memahami spesifikasi barang yang dijual dan cermat dalam memilih supplier yang terpercaya. Dengan menguasai kemampuan tersebut, sobat Cairin bisa terus meningkatkan reputasi sobat Cairin sebagai dropshipper.

 

2. Jasa Freelancer Copy Writer

Punya hobi menulis namun sobat Cairin tidak punya waktu untuk aktif posting artikel blog? Sobat Cairin bisa memanfaatkan kemampuan menulis dengan menjadi penulis lepas atau freelance copy writer, nggak nyangka kan bisa jadi bisnis yang menyenangkan. Penggunaan artikel blog atau website dalam mempromosikan bisnis yang semakin tinggi dan membuat usaha penulis lepas memiliki peluang yang menjanjikan loh sobat.

Untuk memulai usaha ini, jika sobat Cairin sudah memiliki gadget(smathphone, laptop atau PC) dan internet yang memadai, hampir tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. 

Namun, sobat Cairin perlu memiliki keahlian dan kreatifitas  menulis dan memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimization). Pendapatan yang akan sobat Cairin hasilkan juga cukup menjanjikan loh. Untuk pembuatan artikel web, menurut www.institutpenulis.id, sobat Cairin bisa mematok harga sekiranya Rp330 per kata. 

Cocok banget nih buat sobat Cairin yang puitis atau gemar menulis kisah sehari-hari di dairy kalian, tertarik untuk mencobanya sobat?

 

 

3. Preloved barang-Barang yang Sudah Tidak Terpakai

Punya barang dan pakaian yang sudah tidak terpakai? Atau baju dan buku-buku sekolah maupun kuliah yang sudah tidak dibaca lagi? Saatnya sobat Cairin manfaatkan kelebihan barang-barang tersebut. Dari pada hanya tersimpan dan hanya menghiasi digudang atau rak baju dan lemari saja kan? Alternatif bisnis yang tidak kalah menyenangkan yah sobat Cairin.

Untuk memulai bisnis kreatif untuk anak muda ini, sobat Cairin dapat mengeluarkan uang kurang dari Rp1 juta dengan modal smartphone loh, kuota internet bulanan, dan ongkos untuk drop barang sobat Cairin ke tempat jasa pengiriman.

Pilihlah barang-barang layak pakai yang kiranya sudah tidak sobat Cairin gunakan. Manfaatkan handphone atau smartphone sobat Cairin untuk memotret dan menuliskan detail spesifikasi produk sobat Cairin dengan baik ya. Sobat cairin bisa membuat akun media sosial maupun situs khusus seperti carousell dan sebagainya. Bagaimana sobat Cairin Tertarik memulai bisnis ini? 

 

4. Jualan Makanan Dari Rumah

Hayo, siapa yang suka bergelut didapur nih sobat Cairin? Bisnis ini bakalan cocok banget buat sobat Cairin yang suka masak loh. Dari anak sekolah hingga pekerja, tentunya butuh yang namanya asupan makanan. Terlebih seperti saat ini orang-orang sudah mulai melakukan aktifitas pekerjaan dikantor seperti biasanya. Banyak loh orang yang membutuhkan asupan makanan. Namun, tak sedikit juga yang tidak sempat menyediakan sendiri makanan tersebut.


Kesempatan ini bisa sobat Cairin manfaatkan untuk membuka bisnis aneka menu sarapan seperti bubur, nasi uduk, dan lontong sayur atau bisa kamu sediakan cemilan siap saji yang bisa kamu siapkan setiap harinya dirumah. Untuk stempat jual beli, sobat Cairin cukup menata meja dan makanan di halaman rumah atau melalui sosial media online sobat Cairin. 


Nah untuk modal memulai bisnis ini, bahan baku makanannya sendiri bisa membutuhkan paling banyak sekitar 1 juta rupiah dengan asumsi peralatan dapur sobat Cairin sudah lengkap ya. Untuk menjaga efektivitas penggunaan dana, usahakan untuk survei bahan baku dengan harga paling terjangkau namun tetap dengan kualitas yang baik ya sobat.

Bagaimana sobat, tertarik menjalani ide bisnis kreatif untuk anak muda yang satu ini?

 

5. Budidaya Bibit Tanam

Menjual tanaman merupakan ide bisnis anak muda yang menjanjikan loh sobat Cairin. Jika bisnis di atas belum ada yang cocok? Bagaimana dengan yang satu ini? Ya, tentu dengan budidaya tanaman bibit.Bisnis budidaya bibit tanaman memiliki potensi usaha yang baik untuk dijalankan sobat Cairin. Bibit yang bisa sobat Cairin tanam di antaranya aneka jenis cabe, tomat, terong, dan aneka sayuran, bumbu dapur, dan jenis buah lainnya.

Modal bisnis yang sobat cairin butuhkan untuk memulai bisnis ini berkisar dalam harga 1 juta rupiah. Optimalkan modal sobat cairin dengan memilih bibit, pupuk, serta pot dengan harga yang terjangkau tapi tetap berkualitas ya.

Jangan lupa lakukan riset untuk memulai bisnis ini ya, agar hasil yang didapatkan sobat Cairin bisa maksimal. Selamat mencoba sobat Cairin.


Nah, itulah 5  ide bisnis kreatif untuk anak muda dengan modal bisnis minim yang bisa sobat cairin coba! Selain ide bisnis kreatif dan memanfaatkan peluang dengan baik, pengetahuan dalam menyusun strategi dengan ikut serta komunitas bisnis anak muda yang menjanjikan dan ikut serta setiap webinar maupun pelatihan bisnis yang diadakan, serta keuangan bisnis juga tidak kalah penting sobat Cairin.

 

Mau mulai salah satu bisnis diatas tadi tapi modal sobat cairin masih kurang? Jangan khawatir sobat, selama pandemi ini, Cairin terus melakukan inovasi baru, dengan membuat produk pinjaman usaha atau pinjaman produktif. Inovasi tersebut dibuat agar para pelaku UMKM yang terdampak pandemi saat ini dapat terbantu dengan adanya pinjaman usaha, mereka dapat mendapatkan pinjaman dana untuk menambah modal bisnis nya atau membuka bisnis baru.


Selain itu,  Cairin hadir memberikan solusi yang tepat untuk memenuhi segala kebutuhan finansial masyarakat. Pinjaman Dana Cepat dan Mudah, tentunya dengan bunga yang bersahabat. Proses pengajuan pinjaman dana nya juga mudah, sobat hanya perlu unduh aplikasi Cairin dari Google Playstore di smartphone sobat, isi data lengkap, ajukan pinjaman dana yang sobat butuhkan, limit sampai dengan 3,6 Juta Rupiah dan sobat cukup menunggu proses verifikasi, lalu pencairan pinjaman dana akan dilakukan ke nomer rekening sobat Cairin deh.

 

     Semudah itu caranya untuk bisa mendapatkan Pinjaman Dana Cepat di Cairin? Tunggu apa lagi ajukan pinjaman dana untuk modal bisnis kalian sekarang di Cairin, karena Cairin menjamin keamanan dan kerahasiaan data para peminjamnya dan yang paling terpenting adalah pastinya sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Writter Agung Maulana


Tags:CairinGaya Hidup

Baca Juga:

Alamat:

Blok E8 Permata Senayan, Rukan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210

Telepon:  021-24163377     Email: cs@cairin.id
Terdaftar dan diawasi oleh :
Anggota dari :
Sertifikasi ISO : ISO/IEC 27001:2013
Download Cairin :
©2020 PT Idana Solusi Sejahtera. All rights reserved. Dapat diakses Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi terkait layanan Cairin.
Alamat
Blok E8 Permata Senayan, Rukan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, Grogol Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12210
Telepon: 021-24163377
Terdaftar dan diawasi oleh :
Anggota dari :
Sertifikasi ISO:ISO/IEC 27001:2013
Download Cairin :
©2020 PT Idana Solusi Sejahtera. All rights reserved.
Dapat diakses Syarat dan KetentuandanKebijakan Privasi
terkait layanan Cairin.
Disclaimer

1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna (‘Pemanfaatan Data’) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.

6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

7.Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan,tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna,baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman(baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna)terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara,Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

10.Data pengguna/peminjam yang diajukan melalui aplikasi Cairin juga akan dilaporkan ke Fintech Data Center (FDC) atau Pusdafil.

Disclaimer

1. Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.

2. Resiko Kredit atau Gagal Bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan pinjam meminjam ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas resiko gagal bayar dan kerugian tersebut.

3. Penyelenggara dengan persetujuan dari masing-masing Pengguna (Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman) mengakses, memperoleh, menyimpan, mengelola dan/atau menggunakan data pribadi Pengguna (‘Pemanfaatan Data’) pada atau di dalam benda, perangkat elektronik (termasuk smartphone atau telepon seluler), perangkat keras (hardware) maupun lunak (software), dokumen elektronik, aplikasi atau sistem elektronik milik Pengguna atau yang dikuasai Pengguna, dengan memberitahukan tujuan, batasan dan mekanisme Pemanfaatan Data tersebut kepada Pengguna yang bersangkutan sebelum memperoleh persetujuan yang dimaksud.

4. Pemberi Pinjaman yang belum memiliki pengetahuan dan pengalaman pinjam meminjam, disarankan untuk tidak menggunakan layanan ini.

5. Penerima Pinjaman harus mempertimbangkan tingkat bunga pinjaman dan biaya lainnya sesuai dengan kemampuan dalam melunasi pinjaman.

6. Setiap kecurangan tercatat secara digital di dunia maya dan dapat diketahui masyarakat luas di media sosial.

7.Pengguna harus membaca dan memahami informasi ini sebelum membuat keputusan menjadi Pemberi Pinjaman atau Penerima Pinjaman.

8. Pemerintah yaitu dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan,tidak bertanggung jawab atas setiap pelanggaran atau ketidakpatuhan oleh Pengguna,baik Pemberi Pinjaman maupun Penerima Pinjaman(baik karena kesengajaan atau kelalaian Pengguna)terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan maupun kesepakatan atau perikatan antara Penyelenggara dengan Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman.

9. Setiap transaksi dan kegiatan pinjam meminjam atau pelaksanaan kesepakatan mengenai pinjam meminjam antara atau yang melibatkan Penyelenggara,Pemberi Pinjaman dan/atau Penerima Pinjaman wajib dilakukan melalui escrow account dan virtual account sebagai mana yang diwajibkan berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan pelanggaran atau ketidakpatuhan terhadap ketentuan tersebut merupakan bukti telah terjadinya pelanggaran hukum oleh Penyelenggara sehingga Penyelenggara wajib menanggung ganti rugi yang diderita oleh masing-masing Pengguna sebagai akibat langsung dari pelanggaran hukum tersebut diatas tanpa mengurangi hak Pengguna yang menderita kerugian menurut Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.

10.Data pengguna/peminjam yang diajukan melalui aplikasi Cairin juga akan dilaporkan ke Fintech Data Center (FDC) atau Pusdafil.