PanduanFAQTentang KamiBLOG
BLOG > Penting nya Soft Skill Untuk Karier Kamu

Penting nya Soft Skill Untuk Karier Kamu

Tahukah kamu? Dalam dunia kerja ada yang nama nya Hard Skill dan Soft Skill lho!

Ternyata bukan hanya hard skill saja yang dapat menunjang prestasi dalam bekerja kamu, karena hard skill tidak akan maksimal bila tidak diimbangi dengan soft skill yang bagus.
Akan lebih baik jika kedua nya berjalan dengan seimbang untuk membantu perkembangan karier kamu.

 

Jika kamu belum tahu apa itu Hard Skill dan Soft skill, yuk simak berikut ini!

 

Hard Skill merupakan kemampuan diri yang bersifat teknis atau yang nampak dan juga kemampuan yang didapat dari belajar atau akademis. Misalnya saja kemampuan berbahasa asing, kemampuan mengoperasikan komputer, kemampuan fotografi, kemampuan membuat laporan, dan lainnya.

Soft Skill adalah kemampuan diri yang sifatnya lebih cara berpikir, sikap dan karakter diri. Ini sangat berhubungan dengan psikologis kita. Contohnya saja adalah bagaimana cara kita berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana kita bekerja dalam tim, bagaimana kita melakukan manajemen waktu dan lainnya.

 

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Soft Skill itu penting untuk perkembangan karier kamu ke depan nya.

 

1. Membangun sikap dan perilaku
Tentu kita sudah paham kalau sikap dan perilaku dalam bekerja itu sangat penting. Dampak positif nya tentu bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga rekan kerja kamu yang lain. Jika kita memiliki softskill yang bagus tentu kita mampu membangun sikap dan perilaku yang positif dan baik di dalam lingkungan kerja kita.


2. Tahu Bagaimana Cara Menyampaikan Ide
Pekerja atau pegawai yang baik, tentu saja memiliki ide dan gagasan yang baik untuk rekan kerja atau manajemen perusahaan.
Agar ide atau gagasan kamu dapa tersampaikan dan terealisasikan, maka kamu harus tahu cara dalam menyampaikan ide kamu dengan baik dan benar.

Disini lah peran Soft Skill kamu bekerja, misalnya jika kamu memiliki ide berkaitan dengan Hard Skill, maka Soft Skill kamu yang bekerja untuk menyampaikan nya.



3. Menambah Rasa Percaya Diri
Soft Skill juga membantu kamu dalam membangun rasa percaya diri yang tinggi. Karena kamu akan selalu menghargai hasil dan pencapaian kamu dan orang lain, dan rasa percaya diri itu penting untuk menjaga optimisme dalam bekerja.



4. Diunggulkan Dalam Team
Jika kamu sudah memiliki Hard Skill yang mempuni dan attitude yang baik, maka ketika kamu bekerja dalam team pasti akan di unggulkan.
Kamu akan menjadi orang yang paling berpengaruh dalam team kamu, rekan-rekan kerja kamu pasti juga akan menghormati dan menghargai apa yang kamu kerjakan.

 

Untuk mengasah Soft Skill sendiri, tidak perlu bersekolah khusus lho!
Soft Skill dapat kamu pelajari di kehidupan kamu sehari-hari dan dari dalam diri kamu.
Pola pikir yang positif dalam bergaul dengan seseorang adalah cara awal untuk membangun soft skill dalam diri kamu.


Tags:CairinEdukasiFintechOJKPinjaman Online

Baca Juga: