PanduanFAQTentang KamiBLOG
BLOG > 5 Fakta Sejarah Peringatan Hari Perempuan Sedunia

5 Fakta Sejarah Peringatan Hari Perempuan Sedunia

Setiap tahun 8 Maret selalu menjadi hari bersejarah untuk para perempuan di dunia, karena pada tanggal tersebut PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) Telah menetapkan nya sebagai hari perempuan internasional.
Tapi belum banyak orang yang tahu latar belakang dan sejarah gagasan tersebut bisa terbentuk hingga saat ini, berikut ini adalah 5 fakta nya yang harus kamu ketahui.

 good

1. Digagas Oleh Perempuan Asal Jerman
Gerakan ini sebenarnya bermula di partai sosialis Amerika pada tahun 1908. Dilansir dari laman
BBC, bahwa mereka sebagai perempuan merasa diperlakukan tidak adil dari mulai jam kerja, upah, hingga hak untuk bersuara. Pada tahun berikut nya perempuan asal Jerman bernama, Clara Zetkin, membuat gagasan perayaan hari perempuan sedunia di Konferensi Internasional pada tahun 1910.

Kemudian pada tahun 1911 perayaan sudah mulai berlangsung di beberapa negara, namun pada tahun tersebut belum mulai di resmikan oleh PBB. Hingga pada tahun 1975 baru lah mulai meresmikan hari perempuan internasional sebagai acara tahunan untuk kaum perempuan. Dan pada tahun 2020 adalah perayaan yang ke-108

 good

2. Tema Tiap Tahun Berbeda

Sejak pertama kali PBB meresmikan hari perempuan sedunia pada 8 Maret, namu pada saat itu PBB belum menetapkan tema perayaan dan baru ditetapkan pada tahun 1996. Dilansir website resmi PBB, pada tahun 1996, hari perempuan saat itu bertemakan “Merayakan masa lalu merencanakan masa depan”
Pada tahun 2019 kemarin, hari perempuan bertemakan “Think Equal, Build Smart, Innovate for Change” Dan pada tahun 2020 ini bertema “I am Generation Equality: Realizing Women’s Rights.” Yang bermakna sebagai,
Saya Adalah Generasi yang Setara: Menyadari Hak-hak Perempuan.

 

 

3. Ragam Perayaan IWD Dunia
Dalam merayakan hari perempuan sedunia, setiap negara di dunia memiliki ciri khas nya masing-masing. Namun, pada umumnya kebanyakan negara mengadakan event atau acara mengobrol bersama antar kaum wanita. Dilansir dari
womenlovetech di Australia mengadakan acara bertajuk Lunchtalk, bersama wanita yang membawa perubahan negara.

Berbeda dengan London, mereka mengadakan acara makan malam bersama dengan mengundang tamu istimewa sebagai pembicara inspiratif.

 

4. Warna Ungu Sebagai Lambang
Setiap perayaan pasti memiliki lambang atau ciri khas nya sendiri. Seperti hari perempuan sedunia ini warna ungu telah di tetapkan secara resmi internasional yang melambang perempuan.
Dengan begitu, jika kamu mau berpasrtisipasi perayaan hari perempuan sedunia, diharapkan untuk menampilkan warna ungu, karena warna ungu adalah lambang bagi para wanita yang sudah di tetapkan secara internasional.

good 

5. Tokoh Indonesia
Switenia Puspa Lestari, adalah tokoh perempuan Indonesia satu-satunya yang terpilih di ajang Top 100 BBC Women, pada bulan oktober 2019 lalu dia masuk dalam list tersebut berkat gerakan nya yaitu sebagai pemimpin komunitas yang dia dirikan. Komunitas dan yayasan itu bergerak di bidang lingkungan yang di beri nama Divercleanaction.

 

Nah itu adalah 5 fakta mengenai hari perempuan sedunia yang wajib kamu ketahui. Selamat merayakan hari perempuan sedunia Be proud to be Woman!


Tags:CairinLifestyleMilenialPinjaman Online

Baca Juga: